Minggu, 12 Juni 2011

Bagaimana cara anda meraih cita cita dari potensi kekuatan dan kelemahan.

            Cita-cita atau impian menurut saya adalah segala sesuatu yang kita inginkan. Buat cita-cita yang bisa diraih, dan yakini diri kalau kamu pasti bisa meraihnya. Sering kita merasa gagal dalam meraih keinginan atau cita-cita yang sudah dibuat. Hal ini dikarenakan kita sendiri yang terlalu kreatif membuat cita-cita yang tidak realistis dengan keadaan diri kita sendiri. Fokus pada cita-cita yang berefek pada diri sendiri dan masih dalam area jangkauan kita. Misalnya kita bertekad untuk berolahraga lebih banyak atau bersikap baik kepada sesama. Setelah itu, percaya pada diri sendiri kalau kita bisa meraihnya. Keyakinan diri dan komitmen atau keteguhan hati adalah resep keberhasilan. 
            Kita harus memiliki sistem agar kita tetap fokus pada cita-cita kita. Bisa saja itu adalah seorang mentor yang membimbing serta mengarahkan kita pada cita-cita. Bisa jadi gambar atau benda yang mengingatkan kita  untuk fokus pada tujuan. Atau apa pun yang bisa kita lakukan agar kita tetap fokus. Tentu saja, yang dimaksud fokus disini bukan berarti harus melupakan hal lain. Ibadah-ibadah harian jelas tidak boleh dilupakan oleh fokus kita meraih cita-cita. Fokus disini artinya kita harus memberikan waktu khusus untuk meraih cita-cita dan kita konsentrasi saat bekerja. Misalnya, tetapkan berapa lama waktu yang kita alokasikan untuk meraih cita-cita. Kapan jadwalnya. Alokasi waktu tentu harus sesuai dengan besarnya cita-cita yang kita miliki. Jika kita memiliki cita-cita besar, tentu waktu yang diperlukan akan semakin banyak. Tetapi jangan khawatir, kita bisa mencapai cita-cita yang besar dengan waktu yang lebih sedikit dengan memenejemen waktu lebih baik.
            Menganalisa kekuatan, kelemahan pada diri kita akan memudahkan kita menyusun rencana hidup. Nilailah diri kita baik dari sisi positif maupun negatifnya sehingga memudahkan kita meraih cia cia yang kita inginkan. Gali segala potensi-potensi yang dimiliki baik yang berskala besar maupun yang kecil. Bakat, minat, keterampilan dan hal-hal positif lainnya perlu kita simpan dengan lengkap. Lihatlah dan amati dengan seksama segala kelebihan spesifik yang dimiliki dibandingkan orang lain. Jangan ragu dan malu untuk mengungkapkan kehebatan kita serta mencatatnya. Begitupula kelemahan dan kekurangan yang ada dalam diri kita. Inventarisir semua yang ada baik dengan yang telah menjadi karakter maupun yang akan menimbulkan potensi-potensi negatif kedepannya. Apa yang kita simpan entah itu sisi positif dan negatif diri kita ini juga bisa dilakukan dari sisi orang lain, dengan meminta pendapat atau masukan dari orang-orang di sekitar kita tentang apa yang kita capai atau cita cita yang kita inginkan.
            Intinya adalah setiap orang yang memiliki cita cita memiliki cara tersendiri untuk meraih cita citanya, tergantung dari sebesar apa pengorbanan yang kita lakukan dan sebesar apa doa yang kita panjatkan demi meraih cita cita yang kita inginkan, itulah tulisan saya yang berjudul bagaimana cara meraih cita cita dari potensi kekuatan dan kelemahan kita, semoga bermanfaat terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar