Selasa, 01 Maret 2011

Bagaimana kiat belajar di perguruan tinggi.

            Perguruan tinggi adalah tempat kita menuntut ilmu setelah kita lulus SMA dan disitu kita akan mempelajari berbagai macam hal yang kita tidak dapatkan di sekolah pada waktu di SMA. Misalkan adalah pada saat di sekolah jika kita terlambat masuk sekolah akan mendapat hukuman dari guru sedangkan jika di perguruan tinggi ada pengajar atau kita seu saja dosen yang peduli anda terlambat dan ada juga yang tidak perduli anda terlambat. Dan misalkan juga jika anda tidak mengerjakan tugas di sekolah akan dihukum oleh guru, sedangkan jika tidak mengerjakan tugas kuliah dosen tidak akan perduli anda mengerjakan atau tidak yang dia tahu hanyalah memberi nilai sesuai tugas yang anda kerjakan, jika tidak mengerjakan anda akan mendapat nilai yang sesuai dan tidak perlu mendapat hukuman.
            Itulah beberapa contoh yang  dapat saya berikan dari bukti yang saya punya dan itu sangatlah nyata dan tidak mengada ada. Dalam perguruan tinggi sangatlah berbeda dengan SMA, dalam perguruan tinggi kita sudah menjadi mahasiswa atau mahasiswi, dan mahasiswa atau mahasiswi di haruskan mempunyai kedisiplinan dan kedewasaan yang tidak perlu diajarkan lagi seharusnya, kita harus sadar bahwa semakin dewasa umur kita harus juga semakin dewasa perbuatan dan sifat kedewasaan kita. Itulah yang harus kita punya jika sudah menjejakkan kaki di perguruan tinggi. Di perguruan tinggi pun mempunyai penilaian yang berbeda untuk kita mendapatkan nilai di setiap mata kuliahnya dan itu tergantung pada dosen tentunya.
            Di dalam perguruan tinggi juga kita harus mempunyai strategi belajar untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, jika kita memiliki disiplin belajar yang baik sejak kecil kita akan terbiasa menghadapi cara belajar di perguruan tinggi, namun jika kita tidak memiliki cara belajar yang baik dari sekaranglah waktunya anda berubah dalam melakukan cara belajar didalam perguruan tinggi. Karena dalam pepatah mengatakan jika kita tidak memiliki fondasi yang kuat, kita membangun apapun besar bangunan itu akan cepat roboh sewaktu waktu yang tidak tahu kapan waktu itu akan datang, artinya adalah jika kita tidak memiliki ilmu yang cukup atau hanya sedikit saja anda tidak akan siap untuk menerima ilmu yang lebih banyak di depan sana yang akan anda hadapi.
            Disini saya akan memberikan beberapa tips atau masukkan bagaimana cara belajar kita didalam perguruan tinggi, yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah kita harus mempelajari ilmu ilmu dasar yang kita dapatkan dari SD, SMP, dan SMA karena dari ilmu ilmu itulah di perguruan tinggi akan menggunakan dasarnya dan dilanjutkan dengan ilmu ilmu berikutnya. Dan selanjutnya adalah kita harus selalu belajar tekun dengan sendirinya tiap waktunya, usahakan dalam waktu yang senggang mungin kita dapat selalu belajar materi yang sudah di dapatkan atau belum di dapatkan di dalam perguruan tinggi, setelah itu usahakan kia mempunyai kelompok belajar inimal 4 orang dalam kelompok itu, gunanya adalah kita dapat bertukar fikiran dalam ilmu yang kita dapatkan dan juga kita bisa saling mengajarkan kepada teman yang belum mengerti ilmu yang sudah kita dapatkan. Itulah beberapa tips dari saya mengenai bagaumana kiat belajar di dalam perguruan tinggi, dan itu juga adalah penutup dari tulisan saya dengan judul bagaimana kiat belajar di dalam perguruan tinggi, semoga bermanfaat terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar