Rabu, 12 Januari 2011

Mahasiswa Teknik jurusan Teknik Mesin sumber daya manusia yang di butuhkan.

Pada jaman sekarang sumber daya alam di dunia akan semakin mengurang dikarenakan pemakaian yang berlebih dari hari ke hari. Terutama di negara kita sendiri yaitu Indonesia, Indonesia termasuk negara terbesar yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dari sabang sampai merauke, dapat di buktikan dari perusahaan perusaan asing (Multinational Company) yang ikut ambil bagian dalam memanfaatkan sumber daya alam di negara kita. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa negara kita termasuk negara yang tertinggal jauh oleh negara lain karena perusahaan perusaan asing milik negara lain dengan begitu leluasanya memanfaatkan sumber daya alam di negara kita, sedangkan sumber daya manusia kita hanya bisa ikut bekerja dalam perusahaan asing tersebut, padahal  sumber daya manusia kita tidak kalah pintar dengan sumber daya manusia dari negara negara lain, semakin kita bisa memanfaatkan ilmu yang kita punya untuk kepentingan negara semakin dipandanglah negara kita sebagai pemilik sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang bisa memanfaatkan sumber daya alam di negaranya.
Dari penjelasan diatas saya akan membahas tentang sumber daya manusia yang di butuhkan di negara kita dengan memanfaatkan sumber daya alam yang kita punya. Di Indonesia sangatlah banyak memiliki sumber daya manusia yang pintar untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan ilmu yang dimilikinya. Namun, karena sumber daya manusia di negara kita terlalu memikirkan kepentingan pribadi dibanding kepentingan negara, oleh karena itulah negara kita selalu tertinggal dari negara lain yang lebih sukses memanfaatkan sumber daya alam di negara kita. Negara kita sangatlah banyak memiliki lulusan Sarjana Teknik (ST) yang memiliki banyak inovasi yang tentunya bermanfaat untuk memanfaatkan sumber daya alam di negara kita, mungkin tidak hanya lulusan Sarjana Teknik saja yang memiliki banyak inovasi untuk memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia, tapi disini saya akan membahas sesuai dengan bukti bahwa lulusan Sarjana Teknik itu memiliki kesempatan yang besar untuk memanfaatkan sumber daya alam di negara kita.
Di dalam dunia kuliah mahasiswa teknik  memiliki ilmu yang begitu banyak untuk berinovasi demi memanfaatkan sumber daya alam di negaranya, sebut saja orang orang yang bekerja dalam perusahaan perusahaan yang mungkin sering kita lihat mereka adalah lulusan dari Sarjana Teknik. Mereka begitu banyak memiliki inovasi yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia, namun sangat di sayangkan mereka yang memiliki inovasi tersebut lebih memilih bekerja di perusahaan asing (Mutinational Company) demi mendapatkan imbalan atau upah yang mereka inginkan. Itulah salah satu kelemahan sumber daya manusia di negara kita yang lebih memikirkan kepentingan pribadi dibanding kepentingan untuk negaranya menuju sukses, atau bisa kita ibaratkan sumber daya manusia di negara kita seperti seekor semut yang sudah  berada di tumpukkan gula yang begitu banyak tapi lebih memilih beralih ke secangkir minuman yang manis yang gulanya dihasilkan dari tempat seekor semut sebelumnya, dengan kata lain sumber daya manusia di negara kita tidak sadar bahwa negara kita memiliki begitu banyak sumber daya alam yang bisa di manfaatkan, tapi sumber daya manusia kita lebih memilih bekerja di tempatyang lebih nyaman padahal tempat itu di hasilkan dari sumber daya alam dari negara kita sendiri, betapa ruginya negara kita jika terus seperti itu.
Secara spesifikasinya lulusan Sarjana Teknik yang di butuhkan oleh negara kita saat ini adalah lulusan Sarjana Teknik dari Teknik Mesin, karena Teknik Mesin di dalam dunia kuliah mereka di ajarkan bagaimana cara menciptakan, memanfaatkan, dan menggunakan inovasi yang mereka miliki, dan itu menurut saya sangat berguna untuk negara kita saat ini yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dari situ juga dapat diharapkan lulusan Sarjana dari Teknik Mesin dapat menciptakan lapangan kerja sendiri yang begitu banyak sehingga negara kita memiliki perusahaan yang di kelola oleh sumber daya manusia kita sendiri yang tentunya dapat di pandang oleh negara lain.
Kesimpulanya adalah negara kita saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang bisa memanfaatkan sumber daya alam di negara kita dari lulusan Sarjana Teknik dari Teknik Mesin. Yang di harapkan dapat menciptakan banyak perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia dan bisa di pandang atau sejajar oleh negara lain yang lebih maju, dan sumber daya manusia dinegara kita tidak terpaku oleh perusahaan perusahaan asing (Multinational Company) yang akan terus menerus merugikan negara kita dengan memanfaatan sumber daya alam yang kita miliki.
Sekian karangan saya mengenai sumber daya manusia yang dibutuhkan negara kita saat ini, apabila ada kekurangan mohon di maafkan.

1 komentar:

  1. tulisannya cukup baik,memang sdh seharusnya pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap sumber daya yg dimilikinya, terutama bagi lulusan lulusan dari disiplin Ilmu Teknik. Salam solidarity Forever...tetap berkarya mhasiswa Teknik Mesin Indonesia!!!

    BalasHapus