Kamis, 30 September 2010

STOP GLOBAL WARMING ! save our earth :)


Global Warming istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Suatu kejadian peningkatan suhu di bumi yang kemudian mengakibatkan berbagai bencana yang kita alami akhir-akhir ini. Namun, ternyata tidak banyak orang yang mengerti arti global warming yang sebenarnya. Ya..global warming yang diartikan pemanasan global oleh kita seharusnya diartikan penghangatan global . Kondisi bumi yang semakin panas karena panas sinar matahari terperangkap di bumi sebagai akibat dari meningkatnya kadar CO2 di udara (efek rumah kaca). Fenomena naiknya suhu permukaan bumi karena meningkatnya efek rumah kaca, efek rumah kaca di atmosfer meningkat akibat adanya peningkatan kadar gas-gas rumah kaca, Global Warming saat ini menjadi isu internasional. Isu tersebut timbul karena pemanasan global mempunyai dampak yang sangat besar bagi dunia dan kehidupan makhluk hidup, yaitu perubahan iklim dunia ntara lain karbon dioksida, metana, ozon , dll.
Pemanasan global pada akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan iklim ,perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global akan menimbulkan dampak negatif  antara lain mencairnya lapisan es terutama di kutub utara dan selatan yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Perubahan iklim dapat kita antisipasi salah satunya dengan penyesuaian terhadap perubahan iklim yang bertujuan untuk mengurangi dampak yang telah terjadi .
Dan usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek rumah kaca sehingga dapat memperlambat laju pemanasan global adalah:
1.     Membudayakan menanam pohon dan menggunakan tanaman hidup sebagai pagar rumah.
2.     Penebangan pohon harus diikuti dengan penanaman kembali bibit pohon yang sama dalam jumlah lebih banyak.
3.     Hindari membakar sampah.
4.     Jangan membuka lahan dengan membakar.
5.     Hemat energi.
6.     Usahakan menggunakan transportasi umum dan kendaraan yang berbahan bakar ramah lingkungan.
7.     Rawat mesin kendaraan secara berkala agar emisi gas buang kendaraan baik.
8.     Bagi industri, selalu memantau emisi gas buang limbahnya.

Nah, sekarang kita sebagai generasi muda harus menjaga lingkungan sekitar kita supaya tidak akan terjadi yang lebih parah (global warming) nanti nya untuk anak dan cucu kita di masa depan J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar